Dikotakkatik [Video Editing][Photograph][News][Kuliah]: Tugas Ke-12 Materi Kreatif TV "Panggung Kelam Kelaji" (Broadcast)

Pages

::[Copyrights]::

::[Let's Chekidot]::

Sunday, January 6, 2013

Tugas Ke-12 Materi Kreatif TV "Panggung Kelam Kelaji" (Broadcast)

 "Punggung Kelam Kejali"

         
www.seputarbanten.com
 
Wayang garing adalah pertunjukan atau hiburan wayang yang ditampilkan tanpa musik maupun tarian. Akan tetapi, warga tidak bosan untuk menyaksikan pertunjukan Wayang ini di pertunjukkan seni di tempat terpencil daerah desa Mendayung, Propinsi Banten. Menurut sejarah, sunan kalijaga yang memperkenalkan seni wayang garing ini. Seni pertunjukan Wayang Garing memiliki tujuan yaitu untuk menceritakan tentang perjalanan sultan-sultan di Banten, agar sejarah mengenai Banten tetap dikenang dan dinikmati oleh masyarakat. Tokoh dalang dalam wayang garing ini adalah Kajali, kajali merupakan salah satu penduduk yang masih menghargai kebudayaan islam terdahulu dan mengembangkan kemampuan seni dibidang wayang garing ini.

Tidak hanya menceritakan perjalanan sultan-sultan di Banten, juga ada tema-tema lain yang diambil dari kisah-kisah dalam Mahabarata, Ramayana, dan Lokapala. Dengan demkian pentas wayang garing pun bernilai hiburan. Tidak hanya bernilai sejarah saja. Wayang garing ini beda dengan wayang yang lain wayang ini lebih simpel. Inilah yang menjadi keunikan tersendiri.

Wayang disini memiliki beragam bentuk dan rupanya dengan 100 macam cerita. Dan juga, biasanya musik yang ditampilkan hanya satu jenis musik saja. Pertunjukan wayang garing ini memiliki pesan-pesan moral yang bagus untuk memotivasi seseorang seperti yang berkut ini, bahwa hidup itu harus sederhana karena kesederhanaan dapat membuktikan rasa kebersyukuran kita terhadap Tuhan. Kajali menggambarkan bahwasanya kita sebagai manusia yang hidup di zaman modern ini harus tetap melestarikan kebudayaan lama yang sudah turun temurun. Jangan sampai kecanggihan teknologi membuat kita lupa diri akan bentuk penghargaan kepada budaya tersendiri. Serta Perjuangan seorang dalang wayang yang bersemangat untuk tetap melestarikan budaya wayang garing dan menyebarkan benih-benih baru untuk melanjutkan generasinya agar tetap terpatri pada kebudayaan terdahulu.

Just Thanks For :

Semoga bermanfaat. . .  
Silahkan kunjungi blog Gallery Foto saya, dengan link dibawah ini :


Best Regard, 
Shandry Fadlyka